Semua Nabi Pernah Mejalani "Profesi" Ini

Seperti yang telah disebutkan dalam artikel sebelumnya, bahwa jalan meraih rejeki itu dalam Al-
Quran sedikitnya ada 8 jalan. Sedangkan pekerjaan atau profesi itu banyak macamnya.

Jaman dulu, apalagi pas waktu jaman-jamannya para nabi, tidak banyak pekerjaan yang bisa mereka lakukan untuk menafkahi keluarga. Berbeda dengan jaman sekarang. Begitu banyak sekali ragamnya cara orang dalam mencari nafkah, contohnya ada yang menjadi petani, pegawai atau karyawan swasta, pegawai negeri, petugas sampah, dokter, dan termasuk menjadi blogger dan youtuber. Kalau disebutkan satu-persatu mungkin tak akan cukup satu halaman saking banyaknya profesi orang jaman sekarang. Sedangkan pada jaman para nabi, mungkin tidak sebanyak sekarang,paling tidak mereka menjadi pedagang di pasar,petani ,pembantu rumah tangga,dan menjadi penggembala kambing.

Nah, satu diantara beberapa profesi di jaman para nabi, menjadi penggembala ternak kambinglah yang menjadi favorit para nabi. Mereka,para nabi, pada umumnya pernah menjadi penggembala kambing. Sebagaimana telah disabdakan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah haditsnya berikut ini :
Dari Abu Hurairah radliallahu anhu dari Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda:”Tidaklah Allah mengutus seorang nabi,melainkan dia menggembalakan kambing”. Para sahabat bertanya:”Termasuk engkau juga?” Maka Beliau menjawab:” Ya ,aku pun menggembalakannya dengan upah beberapa Qiroth untuk penduduk Makkah.” [H.R. Bukhari].

Dalam hadits diatas,Rasulullah SAW menjelaskan bahwa semua nabi adalah pengembala kambing. Termasuk Beliau sendiri pernah menjadi penggembala kambing milik penduduk Makkah dengan upah beberapa qirath.

Demikian mengenai pekerjaan atau “profesi” para nabi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Semua Nabi Pernah Mejalani "Profesi" Ini"

Posting Komentar